Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Pendowo Maju Tahun 2023

10 Juni 2023
dcp
Dibaca 188 Kali
Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Pendowo Maju Tahun 2023

Pelatihan Kesiapsiagaan/Tanggap Bencana Skala Lokal Desa (Peningkatan Anggota KSB-Kampung Siaga Bencana) Pendowo Maju tahun 2023 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Juni 2023 di lokasi Objek Wisata Ketep Pass, Sawangan Magelang. Kegiatan ini dihadiri oleh Panewu Kapanewon Girimulyo, Endah Wulandari, S.STP., M.M., Kepala Jawatan Sosial, Wahyu Budiarto, S.I.P, Lurah Kalurahan Pendoworejo, Budiman, Pamong Kalurahan Pendoworejo, Anggota Gegana, Ketua KSB Pendowo Maju, Parja, S.Pd dan seluruh anggota KSB Pendowo Maju.

Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan berkumpul di halaman Kantor Kalurahan Pendoworejo, diawali dengan do'a bersama kemudian dilanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju Objek Wisata Ketep Pass, Sawangan, Magelang.

Sesampainya di lokasi, acara inti dimulai dengan sambutan dari Ketua KSB Pendowo Maju, Parja, S.Pd. Dalam sambutannya, anggota KSB untuk tetap jaga kekompakan antar anggota dalam membantu warga yang mengalami bencana. Dan untuk anggota yang masih kurang aktif dalam kegiatan, diharapkan kedepannya untuk lebih aktif lagi dalam kegiatan KSB Pendowo Maju. Juga disampaikan beberapa tips dalam menghadapi kebencanaan. Serta pengoptimalan penggunaan HT (Handy Talky) di padukuhan.

Sambutan dilanjut Bapak Budiman, yang menyampaikan bahwa 70% wilayah Kalurahan Pendoworejo yang berada di daerah pegunungan, rawan akan terjadinya bencana tanah longsor. Untuk itu diharapkan kesiagaan dari KSB Pendowo Maju, yang dalam hal ini adalah relawan yang bekerja tanpa imbalan. Dengan kegiatan ini diharapkan juga menambah semangat anggota KSB dalam menjalankan tugas.

Terakhir ditutup oleh Panewu Kapanewon Girimulyo, Endah Wulandari, S.STP., M.M. yang mengatakan untuk kebencanaan selain yang disebabkan oleh alam seperti tanah longsor, angin ribut, kebakaran, pohon tumbang, kekeringan. Bencana juga bisa disebabkan oleh non-alam seperti wabah penyakit (dalam hal ini dicontohkan covid-19 yang baru-baru ini dialami warga). Panewu juga berharap KSB yang ada di Pendoworejo dan Jatimulyo serta FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) di Giripurwo dan Purwosari saling bersinerga dalam menangani kasus kebencanaan.