Musrenbang Kalurahan Pendoworejo

24 Agustus 2023
dcp
Dibaca 88 Kali
Musrenbang Kalurahan Pendoworejo

Pendoworejo - Pada hari Kamis, 24 Agustus 2023 bertempat di Balai Kalurahan Pendoworejo diadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalurahan Pendoworejo "Penetapan RKP Tahun 2024 & DURKP Tahun 2025". Dalam acara ini dihadiri Bapak Istana, S.H., M.I.P (Anggota DPRD Kab. Kulon Progo), Pejabat Kapanewon Girimulyo yang diwakili oleh Dwi Riyantiningrum, S.Sos (Kepala Jawatan Praja), Lurah dan Pamong Kalurahan Pendoworejo, Ketua BPKal Pendoworejo dan anggotanya, Babinsa -  Bhabinkamtibmas Kalurahan Pendoworejo dan Ketua Lembaga yang berada di Kalurahan Pendoworejo. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan berdoa bersama yang dipimpin pembawa acara dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Kalurahan Pendoworejo, Bapak Budiman. Dalam sambutannya, Lurah Pendoworejo mengingatkan untuk kewajiban pembayaran PBB. Dikatakan bahwa untuk Kalurahan Pendoworejo, realisasi pembayaran pajak sebesar 64,54%. Disampaikan juga untuk kegiatan di bulan September 2023 yang akan datang seperti, acara Kembul Sewu Dulur, lomba Aku Hatinya PKK, dan lomba Desa Wisata. Dan juga program pembangunan yang sudah terlaksana dan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Sambutan selanjutnya dari Kepala Jawatan Praja Kapanewon Girimulyo. Ditekankan lagi untuk pemenuhan target pembayaran PBB, dikarenakan batas akhir pembayaran PBB pada bulan September 2023. Setelah itu akan dikenakan denda sebesar 2%. Dan juga disampaikan tentang alur, proses dan pendanaan program pembangunan di Musrenbang.

Sambutan terakhir dari Bapak Istana, S.H., M.I.P yang juga merupakan anggota Badan Anggaran. Disampaikan bahwa, "ditahun 2023, kita tidak sedang baik-baik (dalam hal keuangan). APBD kita tidak terlalu sehat, artinya bahwa antara pendapatan dan pengeluaran, pendapatan dan belanja ini masih njomplang, masih sangat kurang. Di Kulon Progo, PAD kita juga tudak terlalu signifikan." Ini berpengaruh terhadap kegiatan pembangunan infrastruktur fisik terganggu. Bapak Istana, S.H., M.I.P juga mendorong  pengoptimalan PAD di Kalurahan Pendoworejo.

Untuk acara Musrenbang dipimpin langsung oleh Ulu-Ulu Kalurahan Pendoworejo, Ririn Rustianingsih, S.Pd.Si. Dalam sesi ini disampaikan untuk usulan pembangunan baik fisik maupun non-fisik yang berasal dari Padukuhan dan lembaga-lembaga yang ada di Kalurahan Pendoworejo.

Terakhir, dibentuk tim perwakilan usulan Musrenbang di Kapanewon Girimulyo yang terdiri dari Lurah, BPKal, LPMKal, Ulu-Ulu dan utusan perempuan.