Saparan Rebo Pungkasan Kembul Sewu Sedulur Bendung Khayangan

13 September 2023
dcp
Dibaca 147 Kali
Saparan Rebo Pungkasan Kembul Sewu Sedulur Bendung Khayangan

Pendoworejo - Upacara Adat Saparan Rebo Pungkasan Kembul Sewu Sedulur merupakan upacara adat turun-temurun yang dilaksanakan di Bendung Khayangan yang dilakukan oleh warga Kalurahan Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Pelaksanaan upacara Saparan Rebo Pungkasan Kembul Sewu Sedulur dilaksanakan satu kali dalam setahun yaitu tepat pada hari rebo pungkasan (rabu terakhir) di bulan Sapar. Untuk tahun ini, upacara dilaksanakan pada hari Rabu, 13 September 2023. 

Dalam acara ini turut hadir Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati (SAB), Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo, Panewu Girimulyo, Lurah Pendoworejo, Pengurus Lembaga Adat Kalurahan Pendoworejo, serta tamu undangan lainnya. Rangkaian acara dimulai dengan arak-arakan dari Dapoer Khayangan menuju lokasi genduri. Dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah Kalurahan Pendoworejo dan Pj Bupati Kulon Progo.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan Genduri yang dipimpin bapak rois dan Kembul Sewu Sedulur oleh tamu undangan dan seluruh hadirin yang datang pada acara ini. Dalam genduri, masyarakat menyajikan hidangan khas rakyat seperti nasi liwet, ingkung ayam, dan sayur gudangan. Selain itu, juga dilaksanakan upacara Guyang Jaran. Rangkaian acara ini ditutup dengan pentas seni jathilan Sumber Rukun Budaya.

Pelaksanaan Acara:

  • Hari, Tanggal : Rabu Pahing, 13 September 2023
  • Jam : 10.00 WIB - Selesai
  • Lokasi : Bendung Khayangan, Pendoworejo, Girimulyo, Kulon Progo
  • Acara : Upacara Adat Saparan Rebo Pungkasan Kembul Sewu Sedulur