Talkshow Kepemudaan : Peran Strategis Pemuda Zaman Now Dalam Menghadapi Era Digitalisasi

26 Mei 2024
dcp
Dibaca 90 Kali
Talkshow Kepemudaan : Peran Strategis Pemuda Zaman Now Dalam Menghadapi Era Digitalisasi

Pendoworejo - Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Kalurahan Pendoworejo menyelenggarakan kegiatan Talkshow Kepemudaan : Peran Strategis Pemuda Zaman Now Dalam Menghadapi Era Digitalisasi di Balai Kalurahan Pendoworejo pada hari Sabtu, 25 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Desa Cerdas (smart village) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Hadir dalam acara ini Yuni, S.Sos. (Carik Pendoworejo), Ceem Nara Zikriya (Ketua II Karang Taruna Kulon Progo) sebagai Narasumber, Faraghina Salsabila, S.I.Kom (Duta Digital), Fajar Ari Wibowo (Kader Digital), RKDD Desa  Pendoworejo dan peserta dari anggota karang taruna di Kalurahan Pendoworejo.

"Dari 88 desa ada 30 yang menjadi Desa Cerdas di Kabupaten Kulon Progo, salah satunya adalah Desa (Kalurahan) Pendoworejo. Desa Cerdas memang di bawah Kementrian Desa PDTT, yang mana harapannya nantinya Desa (Kalurahan) Pendoworejo, segala sesuatunya berdasarkan atas teknologi, makanya ada Duta Digital dan ada Kader Digital. Kegiatan - kegiatan kami mendigitalkan segalanya, mulai dari pelayanan kalurahan dan fasilitas - fasilitas yang diakses oleh masyarakat", ujar Mbak Ayak, panggilan akrab Duta Digital.

"Strategi dalam menghadapi Era Digitalisasi adalah dengan bijak dalam memilah dan memilih informasi yang diterima. Dan, seiring perkembangan teknologi saat ini tentu banyak menimbulkan dampak negatif dan positif. Kita harus tahu dampak plusnya apa, harus tahu dampak minusnya apa. Karena psikologi Gen-Z ini adalah semakin  dilarang semakin ingin tahu.", ujar Mas Ceem.

Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada Mas Ceem selaku narasumber maupun Mbak Ayak selaku Duta Digital. Di sesi ini juga disinggung tentang progres program Desa Cerdas di Kalurahan Pendoworejo dan di Kabupaten Kulon Progo secara umum. Juga ditanyakan tentang proteksi keamanan untuk webdesa khususnya di Kalurahan Pendoworejo.

Acara ditutup dengan clossing statement dari narasumber.

"Dadio Lakon Ojo Penonton." Di era teknologi sekarang ini, jadilah pemuda yang bisa memanfaatkan teknologi, jangan jadi pemuda yang dimanfaatkan dan dipermainkan teknologi. - Mbak Ayak

"Ngeli Ning Ora Keli." Di era digital ini kita memang harus mengikuti arus, tetapi jangan sampai kita terbawa arus. Kita harus mengimbangi perkembangan digitalisasi ini dengan kita terus mengedepankan sopan santun, tata krama, subo seto, dan tindak tanduk kita jaga karena itulah yang menjadi rem di era digitalisasi. - Mas Ceem